Electrical Engineering | Home | Forum | Searching | Login Member | Join with Us

"Cisco Networking Academy
Electrical Engineering Department - UGM
Yogyakarta"

We encourage the eligible students to claim the industrial certification exam voucher soon <---> Open Class CCNA Exploration for more info click here.
Thu, 21 Oct 2010 18:55:50

ASIA PASIFIC NETRIDERS CHALLENGE 2010


NetRiders Challenge 2010 merupakan ajang kompetisi tingkat nasional bidang jaringan komputer dan information technology (IT). Sebanyak 384 peserta mengikuti babak penyisihan dalam Indonesia NetRiders Challenge 2010. Dari 384 peserta  tersebut, selanjutnya diambil 39 finalis Indonesia NetRiders 2010.

Dalam kompetisi ini terdapat finalis dari Jurusan Teknik Elektro & Teknologi Informasi yaitu Fahim Jatmiko dan Ninan Kara Gicha Nasution. Keduanya di bawah bimbingan Sri Suning Kusumawardani, Eko Prasetyo, Addin Suwastono, dan Jafilun. Finalis dari UGM  Ninan Kara Gicha dan Fahim Jatmiko berhasil duduk di peringkat 4 dan 6 nasional. Untuk Ninan mempunyai peluang mengikuti Asia Pasific NetRiders Challenge pada 28 Oktober mendatang karena masuk dalam 4 besar. Final untuk kompetisi ini nantinya akan menggunakan teknologi Cisco Telepresence sehingga masing-masing tim akan berlomba dari negaranya sendiri tanpa harus kumpul di satu tempat.

Penyelenggaraan kompetisi tahun 2010 ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah babak penyisihan yang dilaksanakan 7 Oktober 2010 melalui ujian online dengan soal-soal yang dibuat oleh tim internasional. Bidang yang diujikan adalah rancangan, konfigurasi, pengembangan, dan perawatan hardware jaringan komputer, yang semuanya tercakup dalam kurikulum Cisco Networking Academy.

Tujuan kompetisi ini adalah untuk menstimulasi dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam merancang, memelihara, dan menyelesaikan permasalahan jaringan. Program ini diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2003 dengan peserta para mahasiswa Cisco Networking Academy seluruh Indonesia.

Babak final kompetisi ini telah diselenggarakan di Jurusan Teknik Elektro & Teknologi Informasi (JTETI) FT UGM, Rabu, 20 Oktober 2010. Untuk membuka acara final, pada 19 Oktober 2010 di Hotel UC UGM juga telah diadakan Cisco on Education yang mengundang perwakilan mahasiswa, dosen, dan guru di sekitar DIY dan Jawa Tengah. Acara final diselenggarakan sejak pukul 09.30 hingga 15.00 di Laboratorium Jaringan Komputer dan Sistem Terdistribusi, JTETI, FT UGM. Materi final terdiri atas teori/konsep dan diteruskan dengan proses konfigurasi dan troubleshooting jaringan komputer dan internet.

Final kompetisi itu berlangsung dengan lancar dan diharapkan kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi generasi muda yang mempunyai kompetensi memadai di bidang IT dan siap berkompetisi secara internasional. Cisco Networking Academy bangga dapat berpartisipasi dalam menemukan bakat-bakat muda yang nantinya diharapkan mampu mendorong kolaborasi sumber-sumber potensi di Indonesia yang tersebar secara geografis. Acara ini terselenggara baik atas kerja sama panitia, Jurusan Teknik Elektro & Teknologi Informasi FT UGM, Cisco Systems, seluruh Cisco Networking Academy, dan PPTIK UGM.



0 responses to “Asia Pasific NetRiders Challenge 2010”

   

Leave a Comment for “Asia Pasific NetRiders Challenge 2010”

Please insert your name, email and message to post comment at “Asia Pasific NetRiders Challenge 2010”

Name
Email
Message
Insert this code Insert this code
  

!!! Comments posted here will not be answered. If you want to ask a question please post it on the forum.

Copyright © 2009 ~ Cisco Networking Academy ~ cna.te.ugm.ac.id